Selasa, 12 Oktober 2010

Ada fenomena terbaru yang terjadi di Indonesia khususnya di daerah Bogor, fenomena yang disebut sebagai halo matahari yaitu fenomena pelangi mengelilingi Matahari. Memang Halo Matahari atau fenomena pelangi mengelilingi Matahari ini jarang atau belum pernah terjadi di Indonesia. Di tengah siang bolong yang terik, langit yang biru cerah tanpa awan tiba-tiba dihiasi lingkaran warna-warni pelangi. Memang Indonesia akhir-akhir ini sering dinampakkan dengan sebuah fenomena-fenomena yang membuat warga keheranan.

Fenomena Halo matahari telah tampak di langit Kota Bogor sejak sekitar pukul 09.00. Hingga pukul 12.30, peristiwa langka tersebut masih bisa dinikmati. Lingkaran pelangi tampak sangat lebar mengelilingi Matahari. Kontan, fenomena alam yang langka itu pun menjadi perhatian warga. Banyak orang menyempatkan diri mendongakkan kepala ke langit untuk melihatnya. Bahkan, sebagian warga tampak berkerumun untuk menonton bersama di sejumlah sudut Kota Bogor, seperti di depan ruko-ruko, di terminal, dan di pinggir jalan.

Ini bukan gerhana matahari, warga sempat menyebutnya tanda-tanda gerhana matahari tapi setelah ditunggu lama akhirnya mendapat keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, halo matahari adalah lingkaran pelangi yang mengelilingi Matahari. Halo juga bisa terjadi di sekitar Bulan pada malam hari. Fenomena halo ini disebabkan pembiasan cahaya Matahari oleh uap air di atmosfer sehingga terlihat seperti pelangi.

1 komentar:

  1. subhanallah...
    saat ini sudah banyak peristiwa aneh yang terjadi disekitar kita.
    apakah ini pertanda bahwa hari kiamat sudah dekat..
    ya allah, lindungilah hambamu yang lemah ini...

    BalasHapus